Kreatif Membuat Animasi Naruto dan Star Wars dengan Adobe Animate

Hola! 

Readers, sudahkah mencoba tutorial dasar membuat animasi? Pasti seru dan bikin penasaran. Skill dasar tetap menggambar, tapi ide-ide liar tetep membara dong, hihi.

Kali ini, saya akan mengulas kembali tutorial animasi dengan Adobe Animates. Kita akan belajar prinsip-prinsip dan dasar menggambar serta picture framing "Naruto" dan "Star Wars". Wow! Kedua objek animasi ini bisa dikatakan lebih sulit dibanding sebelumnya, dari segi pergerakan objek, framing, pewarnaan (tapi nggak terlalu dominan sih), dan efek-efek. Kita coba dulu, yuk!


1. Naruto
a. Gambar lingkaran sebagai kepala. Kemudian gambar tangan dan kaki. Penggambaran tangan dan kaki tidak perlu begitu mendetail karena objek Naruto akan berperan sebagai stickman saja.

Objek Naruto akan menggunakan dua layer.

b. Layer pertama adalah ada di poin (a). Layer kedua, gambarlah objek stickman Naruto yang sedang mengeluarkan tenaga luar biasa (apa ya namanya, sarenggan? Hmm, simak tutorialnya yuks!).
c. Jumlah layer akan bertambah tergantung seberapa banyak framing yang dibuat oleh kreator. Jadi tidak saklek dua saja ya.

Prinsip: semakin banyak detail picture framing, semakin panjang timeline, pergerakan antar gambar semakin halus dan kompleks.




2. Star Wars
a. Gambar lingkaran sebagai kepala, kemudian gambar postur tubuh disertai tangan dan kaki. Tidak perlu detail, karena objek ini berfungsi sebagai stickman saja. Btw, objek yang kita gambar adalah tokoh Jedi ya. 
b. Buat layer kedua, gambar pergerakan Jedi, misalnya action sedang mengeluarkan pedang. Pedangnya juga digambar ya hihi. Warna pedang menggunakan warna kuning kehijauan. 
c. Buat layer ketiga, gambar pergerakan Jedi yang sedang posisi still memegang pedang. 
d. Buat layer keempat, gambar pergerakan Jedi sedang menusukkan pedang. Poin ini adalah opsi. 

Sama seperti prinsip menggambar objek Naruto di atas, semakin banyak detail dalam picture framing, maka timeline semakin panjang dan pergerakan antar framing semakin halus. 



Sekian tutorial singkat animasi kali ini. Selamat mencoba! Tetap semangat berlatih menggambar, readers

Komentar

  1. Nyerah deh

    Aku masih nyangkut di Photoshop yang belum dikuasain banget hihihi
    Semoga suatu hari bisa belajar aplikasi iniii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa kak, tetap berlatih! Semangat!

      Hapus
  2. Hebat ikh, aku mah enggak bakat bidang gambar menggambar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kreator yang juga partner saya ini bener-bener passionate dalam menggambar. Mbak ga harus bisa menggambar kok, dari konsep aja juga bakal membantu banget ^^

      Hapus
  3. keren nih. software-nya ori apa bajakan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri