Langsung ke konten utama

Buku Antologi "Perjalanan Waktu"

OPEN ORDER 
Perjalanan Waktu 
karya Nadia K. Putri, dkk. 
Segala yang bernyawa di alam ini seolah adalah sebuah siklus: lahir, hidup, mati. Suatu detik ada yang mati, tetapi detik yang sama ada yang lahir. Sepintas lalu seakan lumrah saja, tapi jika ditilik ada makna yang bukan biasa saja. Apa yang bisa dimaknai dari kelahiran? Bagaimana baiknya mengisi kehidupan? Hikmah apa dari peristiwa kematian? Mengapa perlu menilik semua itu? Maka jawabannya hadir dalam kisah yang disajikan di buku ini. 
Kisah dan renungan dari 14 penulis yang akan menambah wawasan dan memancing imajinasi. Dirangkai dengan rasa dari hati, sehingga mengasa menjadi jembatan menuju rasa dalam hati. 
Spesifikasi Buku Judul : Perjalanan Waktu  Penulis : Nadia K. Putri, Raubiyal Maulad, Wienarieska, Yunita Lusiyana, Nurul Fitriani Salim, Indrimai, Rizna Maria Hidayah, Nur Indah, Pandan Arum Ayu Darmayanti, Westri Purwita, Putri Utami Dewi Ningtyas, Lucky Fitriana, Eka Mauliana Diastuti, Ghea Herdhyta Maesarani  Penerbit…

Kreatif Membuat Animasi Naruto dan Star Wars dengan Adobe Animate

Hola! 

Readers, sudahkah mencoba tutorial dasar membuat animasi? Pasti seru dan bikin penasaran. Skill dasar tetap menggambar, tapi ide-ide liar tetep membara dong, hihi.

Kali ini, saya akan mengulas kembali tutorial animasi dengan Adobe Animates. Kita akan belajar prinsip-prinsip dan dasar menggambar serta picture framing "Naruto" dan "Star Wars". Wow! Kedua objek animasi ini bisa dikatakan lebih sulit dibanding sebelumnya, dari segi pergerakan objek, framing, pewarnaan (tapi nggak terlalu dominan sih), dan efek-efek. Kita coba dulu, yuk!


1. Naruto
a. Gambar lingkaran sebagai kepala. Kemudian gambar tangan dan kaki. Penggambaran tangan dan kaki tidak perlu begitu mendetail karena objek Naruto akan berperan sebagai stickman saja.

Objek Naruto akan menggunakan dua layer.

b. Layer pertama adalah ada di poin (a). Layer kedua, gambarlah objek stickman Naruto yang sedang mengeluarkan tenaga luar biasa (apa ya namanya, sarenggan? Hmm, simak tutorialnya yuks!).
c. Jumlah layer akan bertambah tergantung seberapa banyak framing yang dibuat oleh kreator. Jadi tidak saklek dua saja ya.

Prinsip: semakin banyak detail picture framing, semakin panjang timeline, pergerakan antar gambar semakin halus dan kompleks.




2. Star Wars
a. Gambar lingkaran sebagai kepala, kemudian gambar postur tubuh disertai tangan dan kaki. Tidak perlu detail, karena objek ini berfungsi sebagai stickman saja. Btw, objek yang kita gambar adalah tokoh Jedi ya. 
b. Buat layer kedua, gambar pergerakan Jedi, misalnya action sedang mengeluarkan pedang. Pedangnya juga digambar ya hihi. Warna pedang menggunakan warna kuning kehijauan. 
c. Buat layer ketiga, gambar pergerakan Jedi yang sedang posisi still memegang pedang. 
d. Buat layer keempat, gambar pergerakan Jedi sedang menusukkan pedang. Poin ini adalah opsi. 

Sama seperti prinsip menggambar objek Naruto di atas, semakin banyak detail dalam picture framing, maka timeline semakin panjang dan pergerakan antar framing semakin halus. 



Sekian tutorial singkat animasi kali ini. Selamat mencoba! Tetap semangat berlatih menggambar, readers

Komentar

  1. Nyerah deh

    Aku masih nyangkut di Photoshop yang belum dikuasain banget hihihi
    Semoga suatu hari bisa belajar aplikasi iniii

    BalasHapus
  2. Hebat ikh, aku mah enggak bakat bidang gambar menggambar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kreator yang juga partner saya ini bener-bener passionate dalam menggambar. Mbak ga harus bisa menggambar kok, dari konsep aja juga bakal membantu banget ^^

      Hapus
  3. keren nih. software-nya ori apa bajakan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Sering Dikunjungi

Mulai Aja Dulu di BandLab

Insekuritas dalam Berkarya

ZAP Rawamangun Pindah Lokasi, Tenang, Kliniknya Ada Dimana-mana Kok

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri

Mari Berkawan