Cegah Bila Sakit Menyerang

Entah sekarang lagi musim pancaroba, atau memang tingkat polusi udara yang tinggi. Beberapa hari ini, saya dan teman saya sama-sama nggak masuk kelas karena sakit. Padahal baru beberapa minggu kuliah, terhitung masih baru mulai perkuliahan lah.

Teman saya satu ini, dia nggak nyebutin sakit apa. Dia udah izin ke dosen untuk izin nggak menghadiri kelas. Walaupun kelas tersebut lumayan killer sih mata kuliahnya. Dan saya sendiri juga udah minta izin ke dosen tersebut. Tapi izin dua hari karena memang nggak bisa terpapar udara luar yang bercampur debu, panas, berkeringat.



Well, ternyata dokter pun bersabda. Awalnya, dipancing pertanyaan begini.

“Kamu kuliah naik ojek online atau bawa sendiri?”
“Saya bawa sendiri, dok.”
“Sering pake masker nggak?”
“Sering banget dok. Biasanya pake.”
“Soalnya kalau batuk karena makanan berminyak, amandelnya bengkak. Tapi ini nggak bengkak. Pas saya periksa, bagian dinding dekat amandelnya yang merah.”
“Oh jadi bukan karena makanan berminyak ya?”
“Bukan, karena polusi udara. Jadi sering-sering pake masker aja.”

Setelah tau saya sakit karena polusi udara, jadi bergidik ngebayangin gimana kondisi paru-paru beberapa tahun ini, apalagi pengendara motor. Memakai masker setidaknya udah mengurangi masuknya debu, asap, dan racun yang beterbangan dimana-mana. Tapi bukan mengisolasi diri tanpa keluar rumah juga sih.

“Sama jangan terlalu kecapekan ya mbak.”

Oh iya, itu juga. Kecapekan saat batuk dan pilek yang disertai radang ini, malah akan memperburuk kekebalan tubuh. Istirahat sangat dianjurkan. Untuk tugas atau kerjaan yang belum kelar, mungkin bisa dicicil sedikit-sedikit supaya nggak meledak jadi deadline.

***

Rasanya sakit, satu sisi seneng karena nggak masuk kuliah atau kerja, terhindar dari stres mata kuliah atau kerjaan “killer”. Tapi, menyesal juga karena kehilangan momen berharga yang terus bikin berani menghadapi masalah setiap hari, setiap saat.

Menjaga kesehatan itu perlu banget. Ujaran “jagalah kesehatan” benar-benar manjur pengaruhnya ketika sakit menyerang. 

Comments

Popular Posts

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri