Tips foto malam di Maze Market

Bisa disimpulkan bahwa mengunjungi Maze Market di malam hari ada beberapa kiat:
- Usahakan berangkat lebih sore untuk menghindari macet dan kereta padat penumpang. Baik ketika sudah sampai di Tangerang menggunakan sepeda portable, jalan kaki, naik transportasi online, atau kendaraan umum.

- Pastikan ketika sudah terjebak di dalam kereta padat penumpang, cek barang di tas. Hati-hati dengan barang yang diletakkan di kantung luar tas, seperti botol minum, masker, kartu kereta, kartu tanda parkir di penitipan motor, dan sebagainya.

- Membawa persediaan camilan, kalau-kalau perut keroncongan atau asam lambung naik tiba-tiba. Juga, mengurangi rasa lapar dan kantuk ketika perjalanan.

- Ingat waktu sholat bagi pejalan Muslim. Penting banget nih. Agak nyesel sebenarnya kalau meninggalkan sholat begitu saja hanya karena dalih perjalanan jauh. Padahal ada syarat dan ketentuan yang berlaku agar bisa melakukan jama’ atau qashar.

- Perhitungan waktu. Jelas, bagi mas dan mbak pembaca pasti mengerti akan hal ini. Terlambat sedikit, semua rencana berubah.

Kiat-kiat berfoto di Maze Market:
- Praktis memotret dengan mode auto tanpa flash
Sebenarnya agak beresiko noise sih. Tapi kalau mau coba manual (atur ISO, bukaan, dan rana sendiri) bisa mengurangi hal tersebut. Sekali lagi, mode manual tersebut hanya bisa dilakukan jika sudah biasa dan memiliki sense dalam memotret malam.



- Praktis memotret dengan kamera gawai pintar. 
Terlebih, menggunakan kamera iPhone 5s, iPhone 7, atau iPhone 7s, karena hasil warna foto yang mendekati objek nyata dan noise yang tidak begitu kentara. Selain itu, foto menggunakan kamera gawai pintar bisa diatur sesuai keinginan dan konsep.

 (a)

Foto-foto menggunakan kamera iPhone 5s. Foto (a) sudah mengalami pengeditan kontras. 

- Atur waktu potret objek untuk menghemat waktu. Misalnya, waktu untuk memotret lampion adalah 5 menit, memotret lampion naga 9 menit, dan sebagainya. Jadi, seluruh objek dalam satu tempat yang luas di Maze Market bisa dipotret semua. Nggak stuck di satu objek aja. 

- Berikan tantangan
Tantangan di sini berhubungan dengan pengaturan waktu potret. Misal, dalam waktu 1 jam harus dapet banyak foto. Wah, berarti harus benar-benar fokus nyari objek foto supaya sepadan dengan energi yang dikeluarkan.Efeknya adalah merasa puas dengan hasil foto dan nggak menyesal mengunjungi tempat tersebut, meskipun badan bakal terasa capek dan pegel banget. 

Masih banyak cara lain yang bisa dicoba. Cara-cara di atas ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. 

Selamat mencoba! 

---

Kunjungi situs portofolio di 
 Nadia K. Putri


Nadia K. Putri

Komentar

  1. Gak pernah ada Maze market didaerahkuuu.. mungkin karena pelosok haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mbak. kalo mbak bisa jalan-jalan pasti ketemu tempatnya.

      Hapus

Posting Komentar

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri