Blog Planner Cihuy untuk Teratur Ngeblog

Hola!

Kemarin malam saya banyak berkelana ke blog-blog atau blogwalking sampai larut. Seru banget rasanya, selain gratis dan praktis, juga bisa mendapatkan pengetahuan baru. Lumayan banget kan bisa memperluas wawasan dan membuka pikiran. Blog-blog yang saya kunjungi ini juga ditulis oleh berbagai macam latar belakang, entah itu mantan jurnalis, seorang ibu rumah tangga, apoteker, pekerja kantoran, bahkan mahasiswi juga ada seperti saya.

Kalau melihat dari persona yang menulis blog itu, saya jadi tau kalau ngeblog masih menjadi sumber penghasilan pribadi sampai sekarang. Saat blogwalking, saya menemukan banyak blog hacks seperti, menaikkan jumlah pengunjung, menambah penghasilan dengan e-book, dan sebagainya. Sebagai blogger, kita pasti sering mendapat informasi itu. Tinggal berselancar saja di Google, dapat.

Kebetulan tadi malam, saya mampir di blog Blogger Ceria Network. Saya nemu sebuah blog planner beserta tips ngeblog jadi teratur di label Blogging 101. Wah, kayak apa sih blog planner ini?



Awalnya saya biasa aja pas baca. Apalagi ngeliat gambar blog planner, what’s unique? Toh juga masing-masing blogger bisa merencanakan konten hanya dengan menulis draf di sembarang kertas, atau ketik langsung di Microsoft Word. Beres kan. 

Masalahnya, yang ditekankan dalam blog tersebut adalah gimana bisa konsisten dan sistematis (ga juga sih ya) dalam mempublikasikan konten blog. Efek jangka pendeknya adalah, blog tersebut betul-betul bisa menghasilkan. Bukan cuma dongeng aja. Dan pas saya baca, beneran. Sedangkan efek jangka panjangnya adalah, blogger konsisten menulis dan keahlian menulisnya terasah.

Tau gitu udah tau dari dulu ya....





Di dalam blog planner ini, ada pengaturan jadwal publikasi, rekam jejak data-data, bahkan daftar pengeluaran-pengeluaran untuk mendukung publikasi blog. 

Contoh blog planner bisa diunduh dari blog Mbak Tya dan Ibu Lena. Desainnya simpel, catchy, dan compact.





Btw, credit atau watermark desain mereka tetap dihadirkan ya, untuk menghargai kerja keras mereka :)

Dengan adanya blog planner ini, diharapkan penulis blog dapat konsisten dan kemampuannya terasah. Apalagi skill menulis itu dipakai di mana-mana loh. Termasuk untuk apply beasiswa juga, hihi.

Selamat mencoba ^.^

Komentar

Postingan Populer

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri