Langsung ke konten utama

Buku Antologi "Perjalanan Waktu"

OPEN ORDER 
Perjalanan Waktu 
karya Nadia K. Putri, dkk. 
Segala yang bernyawa di alam ini seolah adalah sebuah siklus: lahir, hidup, mati. Suatu detik ada yang mati, tetapi detik yang sama ada yang lahir. Sepintas lalu seakan lumrah saja, tapi jika ditilik ada makna yang bukan biasa saja. Apa yang bisa dimaknai dari kelahiran? Bagaimana baiknya mengisi kehidupan? Hikmah apa dari peristiwa kematian? Mengapa perlu menilik semua itu? Maka jawabannya hadir dalam kisah yang disajikan di buku ini. 
Kisah dan renungan dari 14 penulis yang akan menambah wawasan dan memancing imajinasi. Dirangkai dengan rasa dari hati, sehingga mengasa menjadi jembatan menuju rasa dalam hati. 
Spesifikasi Buku Judul : Perjalanan Waktu  Penulis : Nadia K. Putri, Raubiyal Maulad, Wienarieska, Yunita Lusiyana, Nurul Fitriani Salim, Indrimai, Rizna Maria Hidayah, Nur Indah, Pandan Arum Ayu Darmayanti, Westri Purwita, Putri Utami Dewi Ningtyas, Lucky Fitriana, Eka Mauliana Diastuti, Ghea Herdhyta Maesarani  Penerbit…

Pengalaman Edit Mashup Songs



Alhamdulillah, selesai juga mashup songs pertama ini.

***

Ini adalah pengalaman pertama saya ngedit dan gabungin lagu orang untuk dijadikan mashup songs. Awal yang sulit, karena masih berkompromi dengan software pengedit audio Audacity. Mungkin editor lain menggunakan FL Studio atau Adobe Audition kali ya.

Audacity sebenarnya software yang nggak hanya digunakan sekali saja. Sebelumnya pernah menggunakannya untuk edit lagu saat freelance dengan rekan saya, Cordova,. Saat itu kami membuat project sebuah video dari sebuah perusahaan multinasional.

Oiya, untuk tampilan Audacity seperti apa, ini dia. Simpel, tapi membingungkan.


Gambar ini di-screenshot ketika sudah selesai mengedit. 

Terdapat dua lagu dalam editor tersebut, yaitu Bay Breeze oleh FortyThr33 dan Tropical Love oleh Del. Semua lagu ini adalah musik tanpa hak cipta atau no copyright music, yang diunduh dari kanal Youtube Audio Library.

Dan untuk video, awalnya tuh masih bagus ketika diputar di laptop, terlebih sebelum mengalami pengeditan.

Video asli, direkam pakai hape.

Tapi, entah mungkin pengaturan frame rate per second (fps) atau gambar per sekian detik tidak cocok, jadinya ya kecepatan dan blur parah seperti itu. Saya menggunakan software Adobe Premiere CS4.

Saat mengedit video, saya nggak nemu fps yang cocok. Di video asli, tertera 29 fps dengan perekam video iPhone 5s beresolusi 1280 x 720 (width x height). Saat masuk di editor, jadi bingung mau pakai yang 24 fps, 25 fps, atau 29,97 fps.

Ketika di-render, saya menggunakan ketiga fps tersebut. Tadinya sih curiga kenapa ada bagian scene yang terpotong. Eh ternyata nggak full di-block sampai habis... Saya ulang lagi render-nya sampai bisa.

---

Mungkin ada pembaca atau penonton yang berkomentar:
"Lagunya kurang pas di awal",
"Videonya ancur banget"
"Masih belajar ya? Keep it up!" 
Well, apapun masukan dan apresiasi pembaca, itu merupakan dorongan inspiratif supaya tetap bisa latihan mengedit mashup songs. Ke depannya, siapa tau kan bisa bikin lagu sendiri?

----

Kunjungi kanal Youtube Hello Watchers di sini.

Subscribe, like and comment are the best engagement for creator. :)

Komentar

Sering Dikunjungi

Mulai Aja Dulu di BandLab

Insekuritas dalam Berkarya

ZAP Rawamangun Pindah Lokasi, Tenang, Kliniknya Ada Dimana-mana Kok

Eksperimen di Adobe Spark

Nadia K. Putri

Mari Berkawan